Kembang Telon – Dalam sejarahnya, Pabrik Gula Barongan masuk dalam administratif Dusun Mindi, Desa Sumber Agung, Kecamatan Jetis, Kabupaten...

Foto PG Balongan Tempo Dulu

Kembang Telon – Dalam sejarahnya, Pabrik Gula Barongan masuk dalam administratif Dusun Mindi, Desa Sumber Agung, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Memang tapak jejaknya sekarang ini bisa dikatakan hampir tidak ada, selain hanya puing-puingnya saja. Perkiraan lokasi pabrik gula ini berdasarkan peta tua tahun 1900, dimana berdasarkan peta itu lokasi PG ini di dekat persimpangan jalur kereta Ngabean - Kota Gede- Pleret - Pundong.

PG Barongan merupakah salah satu korban dari Mallaise atau krisis yang melanda saat itu, Pada tahun 1931 terjadi kesepakatan perdagangan gula yang dikenal sebagai Charbourne Agreement. Pada perjanjian itu Pemerintah Belanda diharuskan mengurangi jumlah produksi. Jawa diwajibkan menurunkan produksi gulanya dari sekitar 3 juta ton menjadi tidak lebih 1,4 juta ton per tahun. Karena pengurangan produksi gula ini akhirnya berakibat PG Barongan ditutup.


Tapi jangan kecewa, meski saat ini kita tidak bisa menyaksikan bentuk fisik dari PG Barongan tersebut, setidaknya foto-foto jadul dibawah ini bisa menjadi penawar kepenasaran Anda. Foto di bawah ini adalah diambil di lokasi PG Barongan pada saat masih eksis dan berproduksi.

PG Barongan














De Jong
Tuan De Jong di kantornya, Pabrik Gula Barongan Yogyakarta.
Foto Diambil Tahun 1917

Lha ini adminya

0 Comments: